Monday, 8 August 2011

Rumus Matematika yang ga diajarin di sekolah











gan.. ada rumus sakti yang ga agan2 dapat di sekolah..

rumus ini dapat dari hasil kreatifitas gan...

rumus ini dikasih tau sama ortu ane,, ortu ane dapat dari kakek ane gan..

ternyata orang dulu kreatif2 ya gan..

langsung aja dah..



Pembuktian Hasil Perkalian...




klw agan belum yakin dengan hasil perkalian yang agan cari, bisa di coba rumus yang ini...




ini ane namain rumus timbangan..




sebelumnya ane jelasin,, operand adalah angka yg dipake bwt operator....


langkahnya :

Quote:
1. jika operand1 terdiri dari lebih 1 angka, maka setiap angka tersebut dijumlahkan. jika hasil penjumlahan masih lebih dari 1 angka, maka dijumlahkan lagi.. begitu seterusnya, hingga menyisakan 1 angka.

2. lakukan hal yang sama dengan langkah 1 pada operand2.

3. kalikan hasil penjumlahan operand1 (langkah 1) dengan operand2(langkah 2).

4. jika hasil perkalian langkah 3 lebih dari 1 angka, maka jumlahkan setiap angka hingga menyisakan 1 angka.



hasil langkah 4 letakkan di satu sisi timbangan.




5. jumlahkan angka-angka hasil perkalian operand1 dan operand2 agan2 sekalian. jika hasil perkalian masih lebih dari 1 angka, maka jumlahkan lagi, hingga menghasilkan 1 angka.




hasil langkah 5 letakkan di sisi timbangan yang satu lagi.
nah.. sekarang agan liat dah.. hasil yang ada ditimbangan sama ga? klw udh sama, berarti hasil perkalian agan2 udah benar...



Masih bingung gan????

ane kasih contoh yang gampang...



misal
15 x 29

setelah dicari, hasilnya
435

tapi agan perlu bukti bahwa 15 x 29 = 435



pake rumus timbangan...




jumlahkan angka di operand1 dan operand2.


operand1 =
15 --> 1+5 = 6

operand2 =
29 --> 2+9 =11 (krn masih 2 angka, jumlahkan lagi) 1+1 = 2

kemudian operand1 x operand2 =
6 x 2 = 12

karena hasil perkaliannya diatas 1 angka, maka angka-angkanya dijumlahkan.

hasil1 --> 12 =
1+2 = 3



hasil1 = 3 letakkan di satu sisi timbangan.




kemudian kita jumlahkan angka di hasil perkalian pertama


hasil2 -->
435 = 4+3+5 = 12 (krn masih 2 angka, jumlahkan lagi) 1+2 = 3



hasil2 = 3 letakkan di sisi timbangan yang satu lagi..




http://1.bp.blogspot.com/-xvsaprN7qWQ/TkCqvV4RcUI/AAAAAAAAAnM/bEt2NLjO7io/s1600/z9l2jm0v.jpg


nah.. sekarang agan2 liat dah.. hasil1 dan hasil2,, seimbang ga?? klw udh seimbang dan sama.. maka hasilnya udah benar..



http://2.bp.blogspot.com/-2CysMh1PXAk/TkCquyrQjAI/AAAAAAAAAm8/ZFXmaUuezqc/s1600/3uppdpnl.jpg


coba dengan bilangan-bilangan yang lain gan..



Contoh lain :

Spoiler for Contoh lain:


http://1.bp.blogspot.com/-jEZvZBF_X5Y/TkCqvNdq6LI/AAAAAAAAAnE/tSMdAzLyCuc/s1600/w1fzv07o.jpg





semoga berguna gan...







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7498401

No comments:

Post a Comment